Pengertian Dasar SEO Untuk Blog

Pengertian Dasar SEO Untuk Blog
Bro and Sist, kamu pasti sudah familiar dengan istilah SEO kan? Ah!? Ada yang belum tau apa itu SEO? Okay, aku akan memaparkan sedikit pemahaman ku tentang dasar dari SEO. Agar lebih mudah dimengerti, aku buat list Tanya-jawab aja ya tentang SEO ini.

Apa Itu SEO?

Yup, Search engine optimization atau yang lebih dikenal dengan istilah SEO adalah trik untuk mengoptimalkan blog kita di Search Engine. In my opinion, SEO itu adalah trik yang kita gunakan agar blog kita memperoleh posisi yang bagus di SERP (Search Engine Result Page).

Mengapa SEO penting?

Karena dengan SEO kita (blogger atau pemilik blog/web) bisa memperoleh banyak pengunjung blog yang berasal dari Search Engine, terutama Google. Kerena Google adalah Search Engine dengan pengguna terbanyak saat ini, tak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Buktinya, kalo ada orang yang bertanya ke kita “Di web apa sih kalo kita pengen baca artikel tentang belajar sulap?” Dengan cepat kita pasti jawab “Cari aja di Google…” Iya kan iya dong bener kan bener dong? Ayo ngaku..? hehe…

Apa keuntungan SEO?

Keuntungan yang langsung kita peroleh dari SEO adalah trafik. Pengunjung yang banyak. Logikanya gini, misalnya kamu membuat blog, lets say kamu membuat blog tentang Tips dan Trik Sulap. Apa yang kamu harap kan dari blog yang kamu buat? Pasti kamu ingin tulisanmu itu dibaca banyak orang kan? Percuma tulisan bagus tapi ga ada yang baca. Nah, dengan SEO kamu bisa memperoleh visitor (pembaca) yang berasal dari Search Engine, Google misalnya.

Kok bisa kita memperoleh pembaca dengan SEO?

Bisa donk boss. Gini, misalnya kamu mentargetkan pengunjung blog yang mencari informasi di Goole dengan keyword “Belajar Sulap”. Kalo kamu melakukan trik SEO untuk keyword “Belajar Sulap”, bukan hal yang mustahil blog kamu akan muncul diperingkat no satu SERP. Contohnya gambar dibawah ini:
SEO di dhenk.com
Gambar diatas menunjukan kalo blog ku ini berada di posisi no satu SERP untuk keyword “Membuat Halaman Blog Menarik”, dan itu mengalahkan sekitar 5.080.000 blog lain dengan keyword serupa. Itu artinya, jika blog yang kita buat berada di posisi satu, maka kemungkinan hasil itu diklik sangat besar, pun kemungkinan tulisan kita dibaca jadi sangat besar.

Apa harus blog kita berada diposisi satu?

Posisi menentukan prestasi. Tidak menjadi keharusan blog kita diposisi satu. Tapi itu lebih baik jika blog kita berada diposisi tersebut. Posisi lain lain semisal dua, tiga atau empat sudah sangat baik, yang penting masih berada di halaman satu SERP. Karena, sangat jarang orang yang mencari sampai ke halaman diatas 10, kecuali orang itu rajin atau mungkin juga iseng dan kurang kerjaan hehe…

Apakah SEO hanya untuk Google?

Tentu tidak, SEO adalah untuk Search Engine apapun, misalnya Bing, Yahoo Search, MSN, dll. Tapi, seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, pengguna Google adalah yang terbanyak. Dan kita bisa mengambil keuntungan dari hal tersebut, yaitu kita hanya memfokuskan SEO pada Google.

Adakah keutungan lain dari SEO selain trafik?

Pastinya ada. Banyak orang bilang kalo Trafik = Uang. Penjelasannya gini, misal di blog yang kamu buat tentang Tips dan Trik Sulap itu kamu menjual buku tentang belajar sulap. Dengan semakin banyak pengunjung blog mu, maka kemungkinan orang membeli buku mu juga semakin banyak kan? Dan apa artinya itu? Uang mu dari hasil penjualan buku juga semakin menumpuk.
Selain itu, keuntungan lain yang kamu peroleh adalah popularitas. Dengan semakin banyaknya pengunjung blog, maka akan semakin banyak pula orang yang mengenal mu lewat tulisan-tulisan mu di blog, dan bukan tidak mungkin kamu mendapat penawaran lain, misalnya ada tim dari penerbit buku yang membaca tulisan mu dan dia terpukau dengan tulisan-tulisan yang kamu buat, sehingga dia meminta kamu untuk menulis sebuah buku. Bukankah itu suatu kesempatan baik? Kamu ga usah susah cari penerbit, karena ada yang sudah bersedia menerbitkan buku mu, mantap kan?

Toiletnya dimana ya?

Maaf, saya orang baru disini, coba Tanya saja pak satpam.
Hehe, sorry bercanda sob. Yup, itulah sedikit pemahaman ku tentang SEO. Next, aku tulis tips dan trik lebih lanjut tentang SEO. Anw, sebelum nyari toilet, mending isi form komentar dulu aja ya…

1 komentar:

3Fortune Indonesia mengatakan...

Nice info boss, salam kenal dan sukses selalu ya...

Posting Komentar

Saya butuh Komentar Kalian
Dengan Mengkomentar di posting ini
Secara Otomatis kalian akan ku Follow,
Karna Blog ini Dofollow..U COMENT I FOLLOW
Tapi Ingat Jangan Sekali-Sekali Meninggalkan Komentar yg berupa spam, kata2 kotor, pelecehan, pencemaran nm baik dll, kalau kalian melakukan itu maka WASPADALAH!!!, komentar anda tidak segan-segan saya hapus.

 

Teknik Industri Design by Insight © 2009